Minggu, 28 Oktober 2018

Kebakaran Pasar Perbatasan RI-PNG Di Kampung Skow, Distrik Muaratami, Kota Jayapura.

KOPI,Jayapura -  Puluhan kios  berjumlah sekitar 49 unit milik warga hangus terbakar di Pasar Perbatasan RI-PNG Jln. Perbatasan RI-PNG Kampung Skow, Distrik Muaratami, Kota Jayapura, Minggu (28/10).

Kebakaran tersebut diduga penyebabnya adalah adanya kegiatan pembakaran sampah di belakang kios kosong.

Saksi mata a.n Intan Putri Erawati pertama kali melihat dibelakang rumah kosong samping rumahnya ada sampah yang dibakar namun yang bersangkutan tidak menghiraukannya dan masuk ke dalam dapur untuk memasak.  

“Saat itu saya sedang memasak, tiba-tiba ada kobaran api dari samping belakang rumahnya yang di duga berasal dari bakaran sampah kemudian menyambar dapur sehingga mengakibatkan kompor meledak dan mengenai bensin yang berada di dalam dapur sehingga membuat api semakin besar,”katanya.

Menurut Dia, api dengan cepat merambat ke kios-kios yang berada di samping kiri dan kanan mengakibatkan kebakaran semakin meluas
Mengetahui adanya kebakaran Personil Satgas Pamtas RI-PNG Yonif PR 501/BY dipimpin Letkol Inf Eko Antoni Chandra (Dansatgas) bersama masyarakat serta anggota Pospol Sub Sektor Skouw tiba TKP guna membantu memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya serta mengamankan TKP.

Danyonif PR 501/BY Letkol Inf Eko Antoni Chandra ketika dikonfirmasi PPWI dari Angkasa Jayapura, Minggu, menjelaskan bahwa 2 (Dua) Unit Mobil Pemadam Kebakaran milik Pemda Kota Jayapura tiba pukul 11.17 WIT di TKP langsung beraksi memadamkan api.

“Pada Pukul 12.45 WIT, Api berhasil di padamkan sedangkan kerugian personil yakni  Intan Putri Erawati ( perempuan, 18Th, Islam, Wiraswasta, Jawa, Pasar perbatasan Skouw) mengalami luka bakar pada punggung kaki kanan,”ujarnya.

Sedangkan kerugian Materil diantaranya 49 Kios dan warung makan terbakar habis ,total nilai kerugian sampai saat ini masih dalam pendataan.

“Lebih lanjut dijelaskan untuk warga yang kehilangan tempat tinggal telah disiapkan tenda pengungsian oleh Satgas Pamtas 501, sementara untuk kasus tersebut masih dalam penyidikan Polsek Muara Tami,”katanya.(wawan)


https://www.pewarta-indonesia.com/berita/nasional/21690-kebakaran-pasar-perbatasan-ri-png-di-kampung-skow-distrik-muaratami-kota-jayapura.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yahamak : Pelaku Tragedi Nduga Adalah Teroris Papua

KOPI,Timika - Wakil Direktur Yayasan Hak Asasi Manusia Anti Kekerasan (Yahamak) Arnold Ronsumbre menyebut tragedi yang menewaskan banyak ko...