Jumat, 17 Agustus 2018

Mantan Aktifis 98 Serukan Stop Demonstrasi Saat Asean Games 2018

KOPI-Jakarta, Menyikapi event Asian Games 2018 yang akan dibuka besok (Sabtu,18/8/2018), mantan aktivis 98 yang kini juga duduk di kursi DPR RI, Adian Yusac Napitupulu melihat Jakarta sebagai ibukota semakin cantik dan indah karena lebih tertata. 

Moment Asian Games ini menurutnya juga merupakan ajang pembuktian jiwa nasionalisme dikalangan para aktivis. Karena itu menurut Adian tidak seharusnya para pegiat aksi/aktivis menggelar demonstrasi dijalan-jalan, khususnya selama Asian Games berlangsung.

Ia justru meminta para aktivis yang hendak berdemonstrasi dengan isu apapun, sebaiknya diurungkan sebab negara sedang memiliki hajat internasional. 

“Sebaiknya jalur-jalur yang terkait dengan Asian Games tidak untuk berdemonstrasi atau unjuk rasa sebagai gantinya para aktivis bisa menggunakan media sosial (medsos) untuk tetap bisa menyalurkan aspirasinya,” ungkap Adian saat berada di kafe Pena 98, Kemang, Jakarta Selatan belum lama ini. 

Langkah untuk memaksimalisasi penggunaan medsos itu menurut Adian bisa menjadi alternatif ajang ekspresi sebab situasi sekarang ini sudah lebih terbuka tidak seperti dulu dimana saluran untuk menyampaikan aspirasi tersumbat. 

“Sekarang ini sudah terbuka jadi kalau mau berdemo, turun kejalan tidak lagi menjadi pilihan seperti halnya dulu. Aspirasi sekarang bisa disalurkan dengan banyak cara, entah melalui media sosial atau partai politik atau dengan menemui langsung anggota DPR RI dan berdiskusi," saran Adian.

Himbauan untuk tidak menggelar aksi-aksi dijalan raya juga ditujukan kepada para aktivis yang selama ini kerap menggelar aksi didepan istana negara atau hendak menjadikan lokasi itu sebagai tempat aksi digelar saat Asian Games berlangsung “Sebaiknya istana negara juga tidak lagi dijadikan sebagai tempat aksi unjukrasa selama Asian Games 2018, berilah kesempatan kepada pemerintah untuk untuk menyelesaikan kegiatannya”, komentar Adian saat menanggapi fakta Istana Negara yang menjadi tempat favorit untuk berunjukrasa.

Ia menambahkan bahwa demonstrasi menjadi pilihan ketika opsi aspirasi belum tersalurkan. Sementara Asian Games merupakan agenda negara, yang mempertaruhkan nama baik bangsa jadi menurutnya sudah seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia untuk turut serta menyukseskan Asian Games 2018, yang nanti akan terpusat di kota Jakarta dan Palembang. “Saya mendukung Asian Games 2018 berjalan lancar dan aman”, ujar Adian memberikan dukungannya terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018.(wawan)


http://www.pewarta-indonesia.com/berita/nasional/21551-mantan-aktifis-98-serukan-stop-demonstrasi-saat-asean-games-2018.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yahamak : Pelaku Tragedi Nduga Adalah Teroris Papua

KOPI,Timika - Wakil Direktur Yayasan Hak Asasi Manusia Anti Kekerasan (Yahamak) Arnold Ronsumbre menyebut tragedi yang menewaskan banyak ko...