Selasa, 19 Juni 2018

Pembukaan Festival Danau Sentani XI Tahun 2018

KOPI–Jayapura, Pemerintah Kabupaten  Jayapura yang disponsori oleh Kementerian Pariwisata menggelar Festival Danau Sentani XI Tahun 2018 di Kota Jayapura, Provinsi Papua.



“Festival Danau Sentani telah menjadi sebuah tradisi di Papua sejak tahun 2007 yang lalu” ujar  Mathius Awoitauw, SE, M. Si  Bupati Jayapura saat menghadiri Festival Danau Sentani yang akan diadakan selama lima hari berturut-turut. di kawasan wisata Khalkhote, Sentani Timur.

Dia mengatakan tujuan diadakannya festival ini antara lain adalah sebagai upaya untuk mempromosikan pariwisata berbasis kekayaan alam dan budaya masyarakat setempat dapat dijadikan sebagai Industri Pariwisata, merupakan pemasukan terbesar sesuai yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi.

Danau Sentani yang akan dijadikan sebagai tempat berlangsungnya festival ini disulap dan didekorasi sedemikian rupa menjadi indah dan ramah terhadap para wisatawan.

Mathius menjelaskan Pemerintah juga menggalakan pembangunan infrastruktur untuk mendukung kelancaran pariwisata serta membantu peningkatan pemberdayaan kampung untuk mengangkat potensi kampung guna mensejahterakan warga.

Festival Danau Sentani XI Tahun 2018 dengan mengambil Tema "Khenambai Umbai, Satu Hati, Satu Jiwa Untuk Indonesia" akan berlangsung mulai tanggal 19-23 Juni 2018 dengan menampilkan beragam atraksi kesenian masyarakat sekitar Danau Sentani serta wilayah-wilayah lain di Provinsi Papua.

“Pada Festival ini ada hal unik tentang kepercayaan masyarakat setempat bahwa di Papua terdapat sebuah peninggalan berupa tulang tertua yang terletak di Pulau Asei. sehingga menjadikan Pulai Asei dipercayai sebagai pusat pertemuan antara nenek moyang suku-suku asli Sentani dengan para imigran dari Kepulauan Melanesia,”ujarnya.

Ia menambahkan, FDS XI 2018 akan digelar dengan atraksi dan lomba menggunakan 2 panggung yang berbeda yaitu di Khalhote dan di Lapangan Theys dimana kegiatan pada kali ini didukung oleh PT. Ayo Jalan-jalan, Rapi, Basarnar, Bank Mandiri dan Bank BRI serta TNI/Polri.(wawan)


http://www.pewarta-indonesia.com/berita/nasional/21376-pembukaan-festival-danau-sentani-xi-tahun-2018.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yahamak : Pelaku Tragedi Nduga Adalah Teroris Papua

KOPI,Timika - Wakil Direktur Yayasan Hak Asasi Manusia Anti Kekerasan (Yahamak) Arnold Ronsumbre menyebut tragedi yang menewaskan banyak ko...