Senin, 26 November 2018

Polres Jayawijaya Ingatkan Warga : Hindari Aksi Peringatan 1 Desember

KOPI, Jayawijaya -  Kepolisian Resor Jayawijaya, Papua, mengimbau warga tiga kabupaten pegunungan Papua agar menghindari peringatan 1 Desember 2018 dengan kegiatan yang dapat merugikan diri, misalnya menggelar aksi bertentangan dengan prinsip dasar NKRI, Senin (26/11)

Beberapa waktu lalu didapatkan barang bukti berupa atribut dan lambang, serta sejumlah orang dari kelompok berseberangan dengan NKRI, yang berkaitan dengan peringatan 1 Desember, dan saat ini diamankan oleh aparat TNI/Polri di Mapolres Jayawijaya.

Kepala Polres Jayawijaya AKBP Yan Pieter Reba, yang berada di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, saat dikonfirmasi jurnalis PPWI dari Angkasa Jayapura Senin, mengatakan bahwa tanggal 1 Desember kadang diperingati oleh beberapa oknum warga OAP sebagai hari Melanesia.

“Untuk mengantisipasi aktivitas yang melanggar hukum pada 1 Desember, Polres Jayawijaya telah mempersiapkan personel keamanan di titik-titik yang dianggap rawan terjadinya pengelompokan massa,”katanya.

Polres Jayawijaya memang sudah mempersiapkan anggotanya untuk antisipasi. Namun menghimbau kepada masyarakat agar lebih fokus dengan perayaan Natal daripada mengikuti kegiatan-kegiatan yang bisa merugikan diri sendiri.

Menurut Dia, Himbauan itu berlaku juga kepada masyarakat yang berada di Kabupaten Yalimo dan Kabupaten Nduga, yang merupakan wilayah kerja hukum Polres Jayawijaya.

“Kami sudah minimalisir dampak-dampak kejahatan, sehingga kalau ada informasi yang membutuhkan bantuan maka saya akan meminta bantuan dari Polda dan TNI untuk wilayah yang masuk tanggungjawab Polres Jayawijaya,”ujarnya.

Yan Pieter Reba memastikan segera menarik kembali anggota satgas khusus yang sementara ini berada di Kabupaten Lanny Jaya, untuk ditempatkan di Distrik Bolakme dan Wamena, dalam rangka mengantisipasi pemanfaatan situasi 1 Desember oleh kelompok tertentu.


“Jangan coba ada kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum seperti di Tulem, dalam kota Wamena. Jangan ada kegiatan apapun atau kegiatan melawan hukum 1 Desember di Wamen,”katanya. (wawan)


https://www.pewarta-indonesia.com/berita/nasional/21720-polres-jayawijaya-ingatkan-warga--hindari-aksi-peringatan-1-desember.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yahamak : Pelaku Tragedi Nduga Adalah Teroris Papua

KOPI,Timika - Wakil Direktur Yayasan Hak Asasi Manusia Anti Kekerasan (Yahamak) Arnold Ronsumbre menyebut tragedi yang menewaskan banyak ko...