Kamis, 01 November 2018

Adat Bakar Batu Damaikan Pertikaian Antar Kubu Di Distrik Kwamki Kabupaten Mimika

KOPI, Mimika - Kurang lebih 200 Orang masyarakat kubu atas dan bawah di Kampung Pompa 2, Distrik Kwamki Narama, Kab.Mimika melaksanakan kegiatan adat bakar batu 11 ekor babi, sayur-sayuran dan umbi-umbian dalam rangka pengukuhan perjanjian tidak akan melaksanakan perang lagi yang dilakukan oleh pihak kubu bawah dan kubu atas (kubu Aser Murib dan Hosea Ongomang) yang dipimpin oleh Hosea Ongomang dan Aser Murib ,Kamis (1/11).




Kapospol Kwamki Narama Aiptu Bambang yang berada di lokasi acara ketika dikonfirmasi PPWI dari Angkasa Jayapura, Kamis mengungkapkan bahwa Kegiatan bakar baru tersebut diselenggarakan dalam rangka deklarasi perdamaian antara kubu Aser Murib dan Hosea Omongan yang sebelumnya berperang.

“Kegiatan diawali dengan membakar 11 ekor Babi, Sayuran dan umbi-umbian untuk dijadikan acara makan bersama kemudian dilanjutkan secara bersama-sama melaksanakan tarian adat perdamaian perang,”katanya.

Menurut Dia, acara sempat terhenti karena masyarakat menemukan mayat tukang ojek di jalan belakang kampung Pompa 2, Distrik Kwamki Narama.

Pada pukul 14.22 Wit masyarakat mulai berangsur-angsur membubarkan diri dan meninggalkan tempat acara kembali ke rumahnya masing-masing, selama kegiatan berjalan dengan aman serta kondusif.(wawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yahamak : Pelaku Tragedi Nduga Adalah Teroris Papua

KOPI,Timika - Wakil Direktur Yayasan Hak Asasi Manusia Anti Kekerasan (Yahamak) Arnold Ronsumbre menyebut tragedi yang menewaskan banyak ko...