Selasa, 24 April 2018

Aksi Damai Solidaritas Murid Untuk Guru Korban Pemerkosaan KKSB

KOPI-Jayapura,  Sekitar 20 orang yang tergabung dalam Solidaritas murid untuk guru dimotori oleh Stenly Salamahu Sayuri penanggungjawab aksi dan Dominggus Erari koordinator lapangan  telah melakukan aksi demo di halaman Kantor DPRD Provinsi Papua dalam rangka  menyoroti kasus pemerkosaan yang dilakukan oleh KKSB terhadap seorang guru di Kampung Aroanop, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Selasa (24/4).
Massa membawa spanduk yang bertuliskan Solidaritas Murid Untuk Guru,“Tindak Tegas Pelaku Pemerkosaan dan Berikan Jaminan Keselamatan Tenaga Pendidikan dan Kesehatan di Pedalaman Papua”.

Anggota Komisi I DPR Papua John Gobai yang berada di lokasi saat dikonfirmasi dari Angkasa, Selasa mengatakan bahwa tuntutan dari para pendemo diantaranya yakni tindak tegas kasus pemerkosaan yang terjadi di Kampung Aroanop, meminta jaminan keselamatan untuk guru dan meminta kepada Kapolda serta Pangdam agar segera menuntaskan masalah yang terjadi di Kab. Mimika
.
“Mereka meminta pertanggungjawaban agar masalah ini dapat diselesaikan dan menindaklanjuti dengan tegas permasalahan yang terjadi di Kabupaten Mimika agar guru-guru yang berada di seluruh wilayah Papua dapat mengajar dengan aman dan damai,”katanya.

Menurut dia, guru yang ada di Papua ini belum merasa tenang karena guru yang mengajar di daerah pedalaman masih takut terkait kasus pemerkosaan yang terjadi di Kampung Aroanop beberapa waktu yang lalu belum bisa di selesaikan secara tuntas oleh Pemerintah.

“Dikarenakan guru tidak diperlakukan sewajarnya seperti yang terjadi di Kampung Aroanop, maka kita semua harus peduli terhadap kasus pemerkosaan yang terjadi di Kampung Aroanop agar pelaku dapat dihukum secara setimpal atas perbuatan pemerkosaan terhadap guru yang ada di kampung Aroanop,”katanya.

John Gobai mengatakan Pemerintah Daerah mengutuk perbuatan yang di lakukan oleh kelompok KKSB, maka aspirasi ini akan diteruskan kepada komisi lima bidang kesehatan dan pendidikan agar segera menindaklanjuti kasus ini.

“Lalu meminta pihak Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRD) untuk melakukan monitoring dan memfasilitasi penyelesaian masalah hingga tuntas serta memberikan jaminan keselamatan bagi tenaga pendidik dan kesehatan yang mengabdi di pelosok pedalaman Papua,”katanya. (wawan)

http://www.pewarta-indonesia.com/berita/daerah/21225-aksi-damai-solidaritas-murid-untuk-guru-korban-pemerkosaan-kksb.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yahamak : Pelaku Tragedi Nduga Adalah Teroris Papua

KOPI,Timika - Wakil Direktur Yayasan Hak Asasi Manusia Anti Kekerasan (Yahamak) Arnold Ronsumbre menyebut tragedi yang menewaskan banyak ko...